Banyak mahasiswa baik dari universitas negeri maupun swasta yang bekerja part time, salah satunya adalah dengan menjadi guru les privat. Mengapa demikian? Yap, karena menjadi guru les privat tidak akan menguras waktu untuk kuliah, karena waktunya sangat fleksibel dan juga kita akan mendapatkan fee mengajar yang lumayan untuk menambah uang jajan. Selain itu kamu juga menjadi lebih akrab dengan jalanan jakarta, depok, tangerang, bekasi. Karena biasanya untuk mengajar privat kita harus datang ke rumah siswanya. Coba kamu bandingkan dengan pekerjaan part time yang lainnya, mungkin tidak akan se fleksibel menjadi guru privat. Tetapi jangan menganggap remeh guru les privat lho, terlalu banyaknya peminat untuk menjadi guru les privat menyebabkan persaingan yang sangat ketat, oleh karena itu menjadi guru les privat harus yang profesional dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari penulis, di mana penulis adalah seorang guru privat yang sangat berpengalaman sudah mengajar lebih dari 6 tahun. Mengajar puluhan siswa mulai dari SD,, SMP , SMA dan kuliah, pernah mengajar di sekolah, bimbel dan sebuah universitas negri. Berikut tips yang mungkin menginspirasi teman-teman :

1. Well Prepared, persiapkan dulu bahan-bahan ajaran misal kamu bisa bertanya terlebih dahulu kepada siswa mau mempelajari bab apa kemudian kita pelajari terlebih dahulu hal ini wajib dilakukan jika kita mengajar untuk tingkat SMA terlebih jika untuk persiapan SBMPTN atau SIMAK UI atau juga kelas mahasiswa. Usahakan memberikan soal-soal latihan yang kita sudah pelajari terlebih dahulu agar kita nyaman dalam penyampaian materi. Ya memang jika kita memang profesinya guru kita merasa sudah menguasai semua materi tetapi jika kita review akan lebih baik penyampaiannya. Istilahnya “jangan memberikan ilmu yang BASI ke siswa” basi adalah ilmu yang sudah 3 hari yang lalu kita pelajari. Mengajar les privat memang sangat berbeda dengan mengajar di sekolah atau bimbel, terkadang kita diberikan pertanyaan yang diluar dugaan di luar bab yang akan kita sampaikan. Jika mengalami hal demikian dan kamu lupa dengan bab itu mintalah waktu untuk mencari jawabanya bisa dijadikan PR atau googling lewat smart phone kamu.

2. Time Management, usahakan untuk tidak pernah TELAT karena itu menunjukkan professional kita sebagai seorang guru les privat. Bayangkan jika kamu telat dan siswa punya janji setelah les maka ia akan sangat kesal jika kamu telat walaupun dia tidak mengungkapkan secara langsung tetapi biasanya siswa akan komplain ke lembaga les privat nya. Jangan terlalu fokus dengan durasi mengajar dan menjadi itung-itungan waktu, jika durasi 90 menit telah selesai tetapi PR siswa belum selesai maka berikan kelonggaran waktu dan selesaikan PR siswa maksimal add time 30 menit jika msh belum selesai tetap selesaikan dan lapor ke lembaga les privat agar di hitung 2 sesi.

3. Professional, setiap pekerjaan adalah pilihan menjadi guru les privat juga merupakan pilihan yang sudah anda putuskan maka jadilah yang terbaik dalam pilihan Anda. Jadilah seorang teman bicara yang baik bagi siswa, sampaikan materi dengan menarik, sisipkan humor, dan tunjukkan kualitas diri Anda jangan lupa fokuskan pada pemahaman siswa cara berfikir dan juga harus FOKUS pada peningkatan PRESTASI siswa. Jangan ragu-ragu untuk berkomunikasi dengan orang tua siswa terkait kendala yang di alami dan juga ceritakan pada orang tua siswa prestasi yang sudah diraih.

4. Your Ride, Jakarta bekasi tangerang depok semua nya adalah kota yang sangat rawan dengan  macettttt. Jika kamu menjadi guru les privat sebaiknya memiliki kendaraan pribadi terutama motor karena hanya motor yang mampu menembus kemacetan jalanan jabodetabek. Karena jika naik angkot pasti akan sangat menguras waktu dan uang dan akan selalu menjadi faktor keterlambatan Anda. Untuk para pemula (guru les privat dengan minim pengalaman) sebaiknya jangan terlalu memikirkan soal jarak rumah siswa karena lowongan guru les privat tentu terbatas jika kita pilih harus yang dekat sekali dengan domisili kita tentu akan sulit apalagi kamu yang masih pemula. Biasanya lembaga les privat juga akan mengutamakan guru yang mempunyai motor karena meminimalisir komplain siswa.

Semoga tips di atas bisa mendorong kita untuk menjadi guru les yang tervaforit buat siswa. Sukses bisa di tempuh dari manapun termasuk sukses dari menjadi guru les privat. “Kita tidak perlu hebat dalam segala hal cukup lah menjadi hebat dan expert dalam satu hal dimana kamulah yang terbaik”

Created by : Jagoan Privat | les privat jagoan | Jakarta

Pilihan Smart Siswa Hebat