Guru Ngaji Ke Rumah Jakarta Barat

Dapatkan guru ngaji ke rumah di Jakarta barat berpengalaman mengajar mengaji baik anak maupun dewasa di Jagoanprivat.com.

belajar membaca alquran bersama guru ngaji ke rumah jakarta barat

Ketika mengikuti les mengaji anak ataupun untuk dewasa bersama guru ngaji ke rumah jakarta barat, ada berbagai macam metode pembelajaran yang digunakan. Mengaji sendiri adalah aktivitas yang merujuk pada membaca dan mengamalkan hadis, kitab, dan Al-Quran yang dilakukan oleh umat Islam.

Salah satu metode yang digunakan untuk belajar Al-Quran adalah metode rubaiyat. Metode ini bisa digunakan oleh semua kalangan umur dengan cara yang menyenangkan dan mudah untuk dipahami.

Metode rubaiyat dilakukan hanya dengan 4 pembelajaran dalam 4 pertemuan saja. Dengan menggunakan metode ini, maka belajar Al-Quran dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan tentu saja menghemat biaya.

Berikut ini 4 langkah cara belajar Al-Quran dengan menggunakan metode rubaiyat:

  • Mengenal dan Menghafal Huruf Hijaiyah

Dalam mengenal dan menghafal huruf hijaiyah ada emat tahapan yang dilakukan. Pertama, yaitu dengan menggunakan urutan baghdadiyah yang maksudnya adalah menghafal sesuai dengan urutan yang biasanya dilakukan.

Kedua, menggunakan urutan rubaiyat, yaitu dalam mengahafal menggunakan cara mengelompokkan huruf hiyaiyah sesuai dengan kemiripan dan bentuknya. Ada 6 kelompok dalam metode ini, yaitu kelompok garis lengkung bertitik.

Selain itu ada juga kelompok huruf tidak beraturan, kelompok berekor depan dan bererkor belakang, kelompok huruf-huruf duduk dan berdiri.

Ketiga, yaitu tahapan menghafal huruf hijaiyah. Cara ini dilakukang dengan melibatkan panca indera mata, telinga, dan mulut. Kemudian, setiap kelompok hijaiyah tersebut dibaca dari depan ke belakang dan sebaliknya, serta diacak sebanyak sepuluh kali.

Tahap terakhir yaitu mengenal huruf hijaiyah dalam berbagai posisi. Tahapan ini digunakan untuk mengetahui bentuk hijaiyah jika disambungkan dengan huruf lain pada posisi awal, tengah, akhir, serta bentuk terpisahnya di dalam kalimat.

  • Membaca Kata

Pembelajaran metode rubaiyat langkah kedua adalah membaca kata. Langkah ini terdapat empat tahapan yaitu membaca kata bertanda vocal a-i-u, membaca kata yang bertanda an-in-un, membaca huruf mati dan buni diftong huruf mati.

Serta bunyi diftong yang ditandai dengan sukun, dan langkah yang terakhir adalah menggandakan bunyi huruf yang bertanda tasydid.

  • Membaca Kalimat

Langkah ketiga dalam metode rubaiyat yang diajarkan di tempat les mengaji anak ataupun dewasa ini adalah mulai dengan membaca kalimat. Pada proses ini ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu:

Pertama membaca Panjang dua vocal, kedua mulai untuk membaca kalimat-kalimat di dalam Al-Quran, ketiga yaitu meniadakan bacaan tertentu seperti huruf alif-wa-ya dan lam tanpa tanda apapun.

Serta proses terakhir yaitu melebur huruf nun dan tanwin. Melebur ini maksudnya jika ada nun mati atau atau tanwin bertemu salah satu huruf ya’-mim-nun-wawu-lam-dan ra naka dibaca dengan cara dilebur bacaannya ke dalam huruf tersebut

  • Membaca Al-Quran

Tahapan terakhir dalam belajar membaca AL-Quran adalah mulai Latihan membaca Al-Quran. Tahapan ini terbagi dalam empat proses. Langkah pertama, yaitu membaca huruf-huruf terpisah di awal surat.

Ada 27 surat yang didahului huruf hijaiyah yang tidak membentuk sebuah kata meskipun sudah ditulis dalam satu rangkaian.

Langkah kedua yaitu belajar untuk menghentikan bacaan ketika sampai pada akhir sebuah ayat ketika membaca Al-Quran. Ataupun belajar memahami bagaimana cara mengakhiri bacaaan ketika sedang berada di tengah ayat untuk mengambil nafas.

Langkah ketiga adalah belajar menghentikan bacaan Al-Quran ketika ada hukum bacaan saktah, yang artinya harus berhenti sejenak dan tanpa mengambil nafas maupun bersuara ketika ada tanda bacaan saktah.

Langkah terakhir adalah memahami tanda baca dalam Al-Quran.

Itulah cara belajar dengan metode rubaiyat yang sering diajarkan di tempat les mengaji dewasa ataupun anak bersama guru ngaji ke rumah jakarta barat di Jagoanprivat.com.