Tips dan Trik Mengerjakan Soal TOEFL

Tips dan Trik Mengerjakan Soal TOEFL

Selain memperbanyak mengerjakan latihan soal TOEFL, mengikuti les bahasa Inggris untuk dewasa juga bisa dilakukan untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris. Sehingga dapat mengerjakan soal TOEFL dengan baik.

TOEFL biasanya digunakan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, syarat pekerjaan, dan lain sebagai. Sebenarnya mengerjakan TOEFL selain sudah mempelajari materi dan soal-soalnya, ada beberapa trik yang mungkin akan membantu mempermudah dalam megerjakan soal TOEFL.

Tips dan Trik Mengerjakan Soal TOEFL Per bagian

Soal TOEFL, biasanya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: listening, reading, dan structure, setiap bagian mempunyai trik tersendiri ketika mengerjakannya. Berikut beberapa tips dan trik yang dapat diterapkan dalam mengerjakan soal TOEFL

  • Listening Comprehension

Bagian awal dari soal TOEFL adalah listening. Untuk membantu memahami listening, sebelum ujian, tentu harus sering-sering mendengarkan audio berbahasa Inggris dan latihan soal listening terlebih dahulu.

Pada bagian listening biasanya terdiri dari bagian dialog pendek, dialog panjang, dan deskripsi. Masing-masing bagian tersebut memiliki triknya sendiri. Pada dialog pendek, fokuslah pada baris kedua, yang diucapakan oleh narrator kedua.

Biasanya dialog kedua ini yang mengandung jawaban, sebelumnya baca sebanyak mungkin soal ketika narrator sedang membacakan petunjuk soal. Hal ini akan sangat membantu untuk menemukan jawaban dengan cepat ketika soal selesai didengarkan.

Pada dialog panjang, fokuslah pada percakapan mengenai tempat dan waktu pembicaran, apa dan siapa yang dibicarakan. Kemudian tema dari topik yang sedang dibicarakan. Untuk lebih membantu, bacalah pilihan jawaban sebanyak mungkin.

Untuk soal listening bagian deskripi, bacalah sebanyak mungkin jawaban yang tertera untuk memberikan gambar mengenai pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan. Kemudian, tulislah hal-hal yang sekiranya penting.

Fokuslah pada hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5 W, serta buatlah kesimpulan pada situasi yang terjadi di deskripsi yang didengarkan.

  • Structure and Written Expression

Trik pertama mengerjakan soal structure and written expression adalah jangan pernah membaca aterlalu lama atau mengulang-ulang pertanyaan tersebut. Begitu selesai membaca soal, sebisa mungkin langsung menjawab soal tersebut.

Sering mengulang pertanyaan yang sama hanya akan menambah bingung, sehingga besar kemungkinan akan menjawab salah. Selain itu, jangan pernah mengeliminasi sebuah pilihan jawaban tanpa melihat soal terlebih dahulu.

Untuk menjawab soal yang berkaitan dengan benar atau tidaknya sebuah stuktur kalimat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan kata yang digaris bawahi, kemudian temukan bagian yang tidak tepat secara cepat.

Ketika tidak dapat menemukan jawaban dengan cara tersebut, maka bacalah soal atau kalimat secara lengkap.

  • Reading Comprehension

Bagian akhir dari soal TOEFL adalah reading. Tips dan trik pertama ketika mengerjakan soal ini adalah baca terlebih dahulu soal yang ditanyakan, dan ingat-ingat kata kuncinya. Setelah itu, cobalah mencari jawaban tersebut pada teks bacaan.

Ketika membaca teks bacaan usaha jangan terlalu lama karena hanya akan membuang waktu. Lakukan teknik membaca cepat, untuk menemukan informasi yang berkaitan dengan soal yang ditanyakan.

Serta jangan panik, ketika teks bacaan bukan merupakan disiplin ilmu yang dikuasai. Pahami konteks yang dibicarakan pada teks bacaan. Kemudian, perhatikan kalimat pertama pada paragraf untuk mencari main ideanya.

Ketika menjawab pertanyaan mengenai sinonim, pahamilah konteks seluruh kalimat yang ada pada bacaan untuk membantu mengetahui arti kata tersebut.

Itulah beberapa tips dan trik yang dapat diterapkan ketika mengerjakan soal TOEFL. Untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris, akan lebih baik jika mengikuti les TOEFL terdekat atau les bahasa Inggris untuk dewasa. Sehingga ketika mengerjakan soal TOEFL menjadi semakin mudah.

Open chat
Need Help ?
Hello,
Ada yang bisa kami bantu ?